Logo Bloomberg Technoz

Investor ke Aset Aman, Tarik Dana dari Aset Berisiko Tinggi

News
17 March 2023 12:01

Schwab (Sumber: Bloomberg)
Schwab (Sumber: Bloomberg)

Silla Brush - Bloomberg News

Bloomberg, Charles Schwab Corp. mengalami US$ 8,8 miliar arus keluar bersih dari dana pasar uang utama (prime funds) minggu ini karena gejolak di bank-bank Amerika Serikat (AS). Mereka beralih ke broker-broker yang memiliki portofolio dengan aset-aset yang dijamin pemerintah.

Para investor memindahkan uang dari kedua Schwab Value Advantage Money Funds, dengan total nilai aset gabungan US$ 195 miliar pada 15 Maret. Ini angka penarikan terbesar dalam enam bulan terakhir, menurut data perusahaan yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Data tersebut dirangkum selama tiga hari hingga 15 Maret.

Di tengah gejolak di pasar keuangan, penarikan dana klien sepertinya tidak akan membahayakan Schwab. Total dana masuk di aset mereka yang didukung pemerintah selama tiga hari yang sama sekitar US$ 14 miliar, menurut data perusahaan.

Pengalihan dana tersebut menggambarkan bahwa Schwab juga memiliki klien yang berfokus pada keselamatan. – “semuanya ada di dalam Schwab,” kata Mike Peterson, juru bicara perusahaan, melalui email.