Logo Bloomberg Technoz

Pasar Bersiaplah, Fasilitas Pinjaman The Fed akan Segera Berakhir

News
10 January 2024 08:40

Gedung The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)
Gedung The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)

Alexandra Harris - Bloomberg News - 

Bloomberg, Fasilitas pinjaman darurat bank bebas risiko yang disediakan oleh bank sentral Amerika Serikat (AS) akan berakhir setelah pejabat pengawas bank utama The Fed memberi isyarat kemungkinan tidak akan memperpanjang fasilitas itu yang dikeluarkan ketika pecah krisis perbankan regional Maret tahun lalu.

Program Pendanaan Berjangka Bank (BTFP), yang mendukung pemberi pinjaman melalui kekacauan itu, “benar-benar ditetapkan sebagai program darurat,” kata Michael Barr, Wakil Ketua Pengawasan The Fed, di sebuah acara pada hari Selasa.

BTFP, yang dijadwalkan berakhir pada 11 Maret, telah menarik banyak pengguna dalam beberapa minggu terakhir karena para trader ingin mengunci pinjaman pada tingkat bunga yang lebih menarik dibandingkan alternatif lainnya.

Fasilitas pinjaman darurat The Fed untuk bank (BTFP) akan berakhir 11 Maret nanti (Bloomberg)

Pernyataan Barr muncul hanya sehari setelah Gubernur Federal Reserve Michelle Bowman dalam pidatonya menyatakan bahwa fasilitas tersebut dijadwalkan akan berakhir dalam beberapa bulan, sehingga memicu banyak perbincangan di pasar bahwa hal ini dapat mengindikasikan bahwa program tersebut tidak akan diperpanjang.