Logo Bloomberg Technoz

Bank-bank Pinjam Rp 2.539 T dari The Fed untuk Amankan Likuiditas

News
17 March 2023 08:04

Pelanggan mengantre di luar cabang Silicon Valley Bank (SVB) di Wellesley, Massachusetts, AS, Senin (13/3/2023). (Sophie Park/Bloomberg)
Pelanggan mengantre di luar cabang Silicon Valley Bank (SVB) di Wellesley, Massachusetts, AS, Senin (13/3/2023). (Sophie Park/Bloomberg)

Alexandra Harris dan Craig Torres - Bloomberg News

Bloomberg, Bank-bank di Amerika Serikat (AS) secara total telah meminjam sebanyak US$ 164,8 miliar (Rp 2.539 triliun) dari dua fasilitas dukungan likuiditas yang disediakan oleh bank sentral The Federal Reserve dalam sepekan terakhir setelah tumbangnya Silicon Valley Bank (SVB).

Data yang diterbitkan oleh The Fed menunjukkan US$ 152,85 miliar pinjaman dari discount window, yang merupakan penopang likuiditas tradisional untuk bank mencapai rekor tertinggi dalam periode sepekan yang berakhir 15 Maret, naik dari US$ 4,58 miliar di pekan sebelumnya. Angka tertinggi sepanjang masa sebelumnya adalah US$ 111 miliar yang dicapai selama krisis keuangan 2008.

Sumber: Bloomberg

Data tersebut juga menunjukkan US$ 11,9 miliar pinjaman dari dukungan dana terbaru The Fed yang dikenal sebagai Bank Term Funding Program (BTFP) yang diluncurkan pada hari Minggu lalu.

Secara keseluruhan, kredit yang diberikan melalui dua cara tersebut menunjukkan sistem perbankan yang masih rapuh dan berkutat dengan migrasi simpanan setelah tumbangnya SVB dan Signature Bank pekan lalu.