Logo Bloomberg Technoz

“Pergeseran dari satu kategori ke kategori lainnya terjadi setiap saat. Yang ini lebih besar, tetapi merupakan bagian dari tren industri yang lebih luas dan tidak unik di Schwab.”

Tren yang lebih luas

Apa yang terjadi di Schwab sesuai dengan pola dalam data dari Investment Company Institute, yang menunjukkan aset dana utama (prime funds) turun sebesar US$ 18 miliar di seluruh industri untuk pekan yang berakhir 15 Maret, sementara total aset dana pasar uang meningkat sebesar US$ 121 miliar.

Meski arus keluar dana merupakan risiko bagi Schwab, mereka secara keseluruhan tetap sehat, menurut laporan Bloomberg Intelligence. "Basis Schwab yang lebih kuat dari sebagian besar simpanan ritel yang diasuransikan FDIC adalah dukungan utama dari arus keluar penularan," tulis para analis.

Prime funds berbeda dari instrumen pasar uang pemerintah dan Departemen Keuangan, yang semakin populer sejak krisis keuangan tahun 2008 dan sejak kekalahan pasar pada awal pandemi pada tahun 2020.

Arus keluar

Arus keluar prime funds dimulai setelah akhir pekan lalu di mana Silicon Valley Bank (SVB) dan Signature Bank tumbang. Unit perbankan Schwab mengalami kerugian US$ 14 miliar yang belum direalisasi dalam portofolio aset yang dimiliki hingga jatuh tempo pada akhir tahun 2022, para eksekutif dari perusahaan-perusahaan terkemuka berupaya meyakinkan investor mereka pekan ini bahwa mereka memiliki likuiditas yang cukup untuk mengatasi gejolak pasar.

Saham Schwab diperdagangkan US$ 45 pada 13 Maret, harga intraday terendah mereka dalam lebih dari dua tahun. Mereka turun sekitar 24% sejak 8 Maret, ketika pelarian dari SVB terjadi. Saham mereka turun 2,8% menjadi US$ 57,88 dalam perdagangan New York, Kamis.

Prime funds adalah sumber modal bagi banyak lembaga keuangan terbesar di dunia, dan Schwab memiliki sertifikat deposito dari Deutsche Bank AG dan Truist Bank serta surat berharga yang diterbitkan oleh unit Citigroup Inc. dan Bank of America Corp.

Investor telah bergegas masuk ke obligasi dan pasar uang pemerintah pada pekan lalu, mendorong aset dana gabungan ke rekor US$ 5,39 triliun pada 15 Maret, menurut Crane Data, sebuah perusahaan yang berspesialisasi dalam memantau industri keuangan.

(bbn)

No more pages