Logo Bloomberg Technoz

KIB akan Umumkan Nama Capres Mendekati Pemilu

Sultan Ibnu Affan
16 March 2023 19:15

Sekjen PAN, Eddy Soeparno. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)
Sekjen PAN, Eddy Soeparno. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan mengumumkan kandidat calon presiden dan wakil presiden mendekati pendaftaran pemilihan umum mendatang.

“Penentuan capres-cawapres akan (kami) laksanakan di saat-saat terakhir. Itu merupakan suatu hal yang sangat lazim menurut kami. Jadi kalau kita putuskan sekarang, ternyata nanti berubah, lebih baik tunggu saja” kata Eddy saat ditemui di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Sebagai catatan, KIB merupakan gabungan koalisi partai yang terdiri dari 3 partai yakni Golkar, PAN dan PPP. Hingga saat ini, koalisi tersebut belum secara resmi mendeklarasikan capres-cawapresnya.

Menurut Eddy, hingga saat dinamika partai politik dan koalisi terbilang masih sangat cair. Sehingga pihaknya tak terlalu terburu-buru dalam menentukan capres-cawapres. “Sehingga masih banyak hal yang bisa berubah dan hal yang bisa berkembang," kata dia.

Soal penentuan capres, KIB juga tak membatasi ruang bagi PAN, Partai Golkar dan PPP menyodorkan nama-nama yang pantas. Menurutnya, hal itu merupakan bagian dari demokrasi dan independensi partai politik.