Logo Bloomberg Technoz

Microsoft hingga Walmart Suntik Rp7,8 T ke Pemodal Startup Israel

News
06 March 2024 12:40

Raksasa Teknologi Asal AS, Microsoft. (Dok: Bloomberg)
Raksasa Teknologi Asal AS, Microsoft. (Dok: Bloomberg)

Marissa Newman - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan modal ventura asal Israel, Team8, mengumpulkan dana sebesar US$500 juta (setara Rp7,8 triliun) dari para investor termasuk Microsoft Corp, Walmart Inc dan Cisco Systems Inc. Dana tersebut akan difokuskan untuk membiayai startup lokal Israel.

Moody’s Corp dan Temasek Holdings Pte juga turut mendukung ketiga dana baru dan pendanaan lanjutan tersebut. Sehingga total aset yang dikelola Team8 kini melebihi US$1 miliar, demikian pernyataan perusahaan investasi tersebut pada Selasa (04/03/2024).

Penggalangan dana ini terjadi di tengah konflik Israel yang sedang berlangsung dengan Hamas, yang telah melumpuhkan sebagian besar aktivitas ekonomi. Namun, perusahaan modal ventura yang berfokus pada startup teknologi Israel telah menarik lebih dari US$1 miliar sejak perang dimulai pada 7 Oktober.

“Meskipun dalam jangka pendek situasinya kurang menentu, saya yakin ada keyakinan kuat di dunia bahwa Israel adalah tempat yang tepat untuk berinvestasi dalam jangka panjang,” kata Yuval Shachar, Managing Partner dan Chairman Team8, dalam sebuah wawancara.