Logo Bloomberg Technoz

Israel Rilis Obligasi Global US$8 M, Pertama Sejak Konflik Gaza

News
06 March 2024 07:00

Ilustrasi bendera Israel. (Scott Eells/Bloomberg)
Ilustrasi bendera Israel. (Scott Eells/Bloomberg)

Vinícius Andrade dan Galit Altstein - Bloomberg News

Bloomberg, Israel menjual obligasi global senilai US$8 miliar, transaksi di pasar publik pertama di negara tersebut sejak perang meletus dengan Hamas – dan merupakan penjualan uang kertas dolar terbesar yang pernah tercatat.

Pemerintah pada hari Selasa meluncurkan penawaran obligasi dalam tiga bagian yang jatuh tempo dalam 5, 10 dan 30 tahun yang menghasilkan permintaan investor senilai setidaknya US$34 miliar, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut dan meminta untuk tidak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk membicarakannya.

Minat yang kuat terhadap tawaran tersebut muncul ketika Israel berupaya mendukung perekonomiannya dan melanjutkan perang melawan Hamas. Meskipun Israel telah menerbitkan obligasi yang ditempatkan secara swasta, kesepakatan ini menandai yang pertama bagi negara tersebut di pasar publik dan internasional sejak konflik dimulai.

“Israel mempunyai kebutuhan pendanaan yang signifikan tahun ini mengingat adanya perang,” kata Uday Patnaik, kepala pendapatan tetap EM di Legal & General Investment Mgmt Ltd. “Saya tidak akan terkejut jika mereka perlu mengeluarkan lebih banyak dana.”