Logo Bloomberg Technoz

Israel Tunda Kirim Delegasi, Negosiasi Gencatan di Gaza Terhambat

News
05 March 2024 11:30

Warga Palestina memeriksa sisa rumah mereka yang hancur akibat serangan Israel di Maghazi, Gaza tengah, Senin (25/12/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Warga Palestina memeriksa sisa rumah mereka yang hancur akibat serangan Israel di Maghazi, Gaza tengah, Senin (25/12/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Ethan Bronner - Bloomberg News

Bloomberg, Israel menunda pengiriman delegasi tingkat tinggi ke Kairo untuk melakukan pembicaraan mengenai gencatan senjata dalam perang melawan Hamas untuk hari kedua, sehingga meredam harapan akan tercapainya kesepakatan dalam waktu dekat.

AS, Mesir, dan Qatar--mediator utama--berusaha membujuk Israel untuk menghentikan pertempuran di Gaza dan membebaskan para tahanan Palestina sebagai imbalan atas pembebasan sandera oleh Hamas. Pembicaraan ini juga dimaksudkan untuk memastikan lebih banyak bantuan masuk ke daerah kantong yang hancur itu.

Israel telah mengatakan bahwa mereka tidak akan mengirim negosiator ke Kairo sampai Hamas memberikan daftar sandera Israel yang ingin mereka bebaskan. Pemerintah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu juga ingin mengetahui kondisi mereka dan berapa banyak yang masih hidup.

Perundingan ini berlangsung ketika kelaparan semakin parah di daerah kantong Mediterania di Gaza dan dengan dimulainya bulan suci Ramadan kurang dari seminggu lagi. Wakil Presiden AS Kamala Harris mengatakan pada akhir pekan lalu bahwa meskipun Israel harus menghilangkan ancaman yang ditimbulkan oleh Hamas, negara itu harus berbuat lebih banyak untuk melindungi warga sipil Palestina dan memastikan mereka mendapatkan pasokan bantuan yang memadai.