Logo Bloomberg Technoz

Respons Jokowi Soal suara PSI Menanjak di Akhir Pekan

Mis Fransiska Dewi
04 March 2024 11:40

Kaesang Pangarep dalam acara Deklarasi politik PSI. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Kaesang Pangarep dalam acara Deklarasi politik PSI. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan respons tentang polemik yang muncul pada data penghitungan nyata atau real count KPU (Komisi Pemilihan Umum). Terutama soal peningkatan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang naik signifikan pada beberapa hari di akhir pekan lalu.

"Itu urusan partai. Tanyakan ke partai," kata Jokowi, di Bandara Halim Perdanakusuma, Senin (4/3/2024).

Dalam tiga pekan terakhir, suara PSI sebenarnya cukup stagnan pada angka 2,5-2,8% suara nasional. Hal ini selaras dengan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang menyebut partai berlambang bunga mawar tersebut tak akan menembus 3% suara nasional.

Akan tetapi, dalam beberapa hari terakhir, suara PSI tiba-tiba naik cukup tajam. Bahkan berdasarkan data real count KPU hingga pukul 09.00 WIB, partai tersebut sudah mengumpulkan 2.404.212 suara atau 3,13% suara nasional.

Hal ini cukup anomali karena sebagian besar suara partai politik lainnya cukup stagnan. Pertambahan data baru di KPU pun terbilang tak banyak. Data Pileg yang masuk ke KPU baru mencapai 64,48% pada Jumat (1/3/2024); dan hanya bertambah 1,36% menjadi 65,84% pada Senin (4/3/2024).