Logo Bloomberg Technoz

Kata Ganjar Ramai Dukungan Parpol Hak Angket Kecurangan Pemilu

Pramesti Regita Cindy
23 February 2024 13:45

Ganjar-Mahfud bergegas pindah ke Teuku Umar Nomor 9 (Azzura Yumna/Bloomberg Technoz)
Ganjar-Mahfud bergegas pindah ke Teuku Umar Nomor 9 (Azzura Yumna/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo merespons terkait tiga partai politik pengusung pasangan Anies-Muhaimin (Amin) yang sepakat ikut dalam gerakan hak angket kecurangan pemilu yang diinisiasi PDI Perjuangan.

Ganjar menilai bahwa kesamaan atau satu suara ini terjadi karena memang telah terlihat bahwa keadaan Pemilu di Indonesia sedang tidak baik-baik saja. 

"Kan yang paling bagus untuk bisa mengklarifikasi semuanya ini ya sudah penggunaan hak pengawasan, hak konstitusi, dari DPR untuk kemudian membuat penyelidikan itu paling bagus, paling fair. Jadi gak perlu takut. Ini biasa saja kok dan pernah terjadi dalam sejarah Indonesia," kata Ganjar ketika ditemui di daerah Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2024). 

"Dengan cara itu, nanti ada data, fakta, saksi, bukti, ahli, dan semuanya bisa dibuka dan publik bisa melihat. Nanti coba siapa yang benar, jadi angket menurut saya cara yang paling pas lah," tegasnya. 

Meski menyatakan belum ada komunikasi secara pribadi dengan kubu Amin, mantan gubernur Jawa Tengah ini menekankan bahwa hak angket yang diajukan bukan hanya sekadar gertakan.