Logo Bloomberg Technoz

MSCI EM Currency Index sempat menguat 0,1% walau saat ini kembali melemah ke posisi 1675,3. Indeks dolar AS melemah ke posisi 103,47. 

Di Asia Tenggara, semua mata uang menguat menghadapi dolar AS. Baht Thailand naik ke posisi THB 34,505/US$. Disusul  peso Filipina yang menguat ke posisi PHP 54,807/US$.

Lelang SUN Diserbu Investor Asing

Kemarin saat data inflasi AS belum dirilis dan pasar masih meragu akankah Fed akan berkukuh melanjutkan pengetatan moneter pasca turbulensi perbankan di negeri itu, minat investor asing pada aset rupiah juga tetap besar. 

Lelang Surat Utang Negara (SUN) yang digelar kemarin mencatat kenaikan minat investor hingga di atas 14% dibandingkan lelang sebelumnya. Investor asing juga menunjukkan peningkatan minat dengan mencatat incoming bids dua kali lipat mencapai Rp 13,03 triliun dari sebesar Rp 6,79 triliun pada lelang sebelumnya.

"Incoming bids dari pemodal asing tersebut mayoritas pada seri SUN seri 5 dan 10 tahun mencapai Rp 10,3 triliun atau 79% dari total incoming bids asing di mana dari angka itu dimenangkan sebesar Rp 6,56 triliun,” jelas Deni Ridwan, Direktur SUN DJPPR Kemenkeu, Selasa sore.

Rupiah diprediksi akan bergerak stabil hari ini di kisaran Rp 15.370/US$, demikian prediksi Samuel Sekuritas.

(rui)

No more pages