Logo Bloomberg Technoz

Real Count KPU: Suara Caleg Artis dan Viral di Dapil Jakarta II

Redaksi
18 February 2024 09:00

Warga melintas di dekat alat peraga kampanye di Jakarta, Kamis (4/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Warga melintas di dekat alat peraga kampanye di Jakarta, Kamis (4/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) nyaris mengumpulkan separuh data suara di daerah pemilihan (Dapil) DKI Jakarta II pada penghitungan nyata atau real count. Dapil ini kerap menjadi sorotan karena berisi sejumlah nama dengan popularitas tinggi, mulai dari politikus, pebisnis, hingga artis.

Berdasarkan data penghitungan nyata atau real count KPU, sudah ada laporan pada 4.872 dari total 9.844 tempat pemungutan suara (TPS) di Dapil ini; atau sekitar 49,95%. 

Dari data tersebut, calon anggota legislatif (caleg) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid memimpin perolehan dengan mengumpulkan 237.991 suara. Mantan pimpinan MPR ini unggul tipis dari Anggota Komisi I DPR dari Partai Golkar, Christina Aryani yang juga sudah mengantongi 209.323 suara. 

Mereka berhasil mengalahkan sejumlah nama tenar lainnya di dapil tersebut. Beberapa politikus yang belum menembus 200 ribu suara antara lain Eriko Sutarduga, Masinton Pasaribu, Triwisakna, Mirwan Amir, dan Adhyaksa Dault.

Sejumlah artis juga masih cukup kesulitan mendulang suara pada dapil Jakarta II. Beberapa di antaranya Uya Kuya, Lula Kamal, Okky Asokawati, dan Once Mekel. Termasuk sejumlah nama populer seperti pengacara Bharada Eleizer, Ronny Talapessy; caleg yang viral karena posternya, Chong Sung Kim; mantan atlet bulutangkis, Icuk Sugiarto; Ade Armando; hingga istri bos MNC Group, Liliana Tanoesoedibjo.