Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Beberkan Langkah RI Hadapi Dampak Resesi Jepang

Azura Yumna Ramadani Purnama
16 February 2024 15:10

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi untuk menghadapi dampak turunan dari resesi ekonomi yang terjadi di Jepang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekonomi) Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah sedang memonitor kondisi global berdasarkan prediksi beberapa lembaga keuangan internasional, salah satunya proyeksi ekonomi Bank Dunia.

“Kita sudah melihat prospek global tahun ini dari prediksi lembaga berbagai termasuk World Bank kan turun,” ujar Airlangga ketika ditemui usai salat Jumat di kantor Kemenko Ekonomi, Jumat (16/02/2024).

Airlangga mengatakan, untuk menghadapi kondisi resesi di Jepang pemerintah tengah menjaga komoditas ekspor dan pasar di luar negeri. Selanjutnya, ia mengatakan, pemerintah juga akan membuka pasar baru dengan berbagai pasar luar negeri baru.

“Ya tentu, antisipasinya jaga komoditas ekspor kita, jaga market luar dan kemudian juga kita melihat bahwa kedepan kita harus buka pasar baru antara lain dengan keanggotaan kita di multilateral agency, termasuk Organisation for Economic Co-operation and Developtment (OECD),” ujar Airlangga.