Logo Bloomberg Technoz

Tito Karnavian Tegur Pemda Soal Inflasi Tinggi Jelang Ramadan

Fransisco Rosarians Enga Geken
14 March 2023 09:09

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (Tangkapan layar via Youtube Humas BNPT)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (Tangkapan layar via Youtube Humas BNPT)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian kembali meminta pemerintah daerah (Pemda) menjaga stabilitas harga dari potensi inflasi menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri 1444 H. Dalam rapat hybrid, dia pun menegur pemda dengan catatan inflasi di atas angka nasional yaitu 5,47% pada Februari 2023.

"Apabila terjadi kenaikan inflasi yang tinggi, maka berdampak terhadap lonjakan harga barang dan jasa, termasuk situasi politik dan keamanan, kata Tito seperti dilansir Kementerian Dalam Negeri, Senin (13/3/2023).

Dalam rapat tersebut, dia mencatat ada tiga daerah dengan angka inflasi melebihi rata-rata nasional menjelang Ramadan. Provinsi Lampung tercatat mengalami inflasi sebesar 6,52%; Kota Dumai sebesar 6,98%; dan Kabupaten Manokwari 6,83%.

"Ini mungkin bisa menjadi perhatian Pemda Provinsi Papua Barat, karena biasanya selalu berada pada posisi yang baik. Tapi kali ini Kabupaten Manokwari 6,83 persen. Ada anomali ini, ada sesuatu pasti," kata Tito.

Perkembangan Inflasi Indonesia (Sumber: BPS)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistika (BPS) Papua Barat pun mencatat inflasi tahunan atau year on year (yoy) Kabupaten Manokwari nyaris menyentuh 7%. Meski secara bulanan, wilayah tersebut sebenarnya mengalami deflasi 0,69%.