Logo Bloomberg Technoz

Tips Investasi Jam Tangan Mewah dari Kolektor

Dinda Decembria
25 January 2024 10:00

Jam tangan Rolex. (dok Bloomberg)
Jam tangan Rolex. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Jam tangan mewah seperti Rolex, Patek Philippe dan lain-lain masih menjadi incaran untuk melengkapi fashion hingga sebagai investasi.

Walaupun kini harganya sedang mengalami penurunan. Namun kolektor jam tangan mewah, Ali Akbar, meyakini kenaikan harga membutuhkan waktu yang lama.

Kenaikan jam tangan mewah terjadi sebelum pandemi Covid-19. Apalagi pada tahun 2013-2014. Jadi kenaikan harga tergantung pada hukum supply dan demand.

"Tetap ada hukum supply-demand, untuk produksi nggak banyak karena untuk Rolex bahan materialnya paling tinggi. Saya suka arloji dari kecil, ayah saya beli jam Rolex seharga Rp7,5 juta tahun 1970-1980 an, kan kalau beli sekarang harganya Rp30 juta dengan barang yang sama. Kalau jenis Rolex lainnya ada yang dulu harganya Rp10-12 juta sekarang Rp80 juta," Jelas Ali

Ali mengatakan, jam Rolex yang pas untuk dijadikan sebuah investasi adalah jenis Oyster. Selain Rolex, jam mewah merek Audemars Pigeut (AP) dan Patek Philippe juga bisa dikoleksi sebagai investasi.