Logo Bloomberg Technoz

Untuk proses menjual jam tangan mewah sendiri, menurut Ali dari dahulu hingga sekaran prosesnya tetap sama. "Bisa jual ke teman, kolektor, penggemar," Pungkas Ali.

Harga Turun

Namun, belakangan ini harga jam tangan mewah (luxury watches) cenderung bergerak turun. Ini tergambar dari Subdial Index yang dikeluarkan Bloomberg. Indeks ini mengukur harga 50 jam tangan buatan Swiss yang paling banyak diperjualbelikan.

Pada Desember, Subdial Index stagnan dibandingkan bulan sebelumnya. Pada November, indeks ini menyentuh rekor terendah sepanjang sejarah.

Saat pandemi Covid-19, harga jam tangan mewah keluaran Rolex, Patek Philippe, dan Audemars Piguet naik tinggi. Namun usai pandemi, harga merosot lumayan drastis.

Di tengah tekanan inflasi dan ketidakpastian geopolitik saat ini, jam tangan menjadi pembelian yang sangat tidak prioritas. Ke depan, risiko penurunan harga masih cukup tinggi.

“Kami melihat tekanan ke bawah masih besar. Sepertinya para dealer masih akan terus menurunkan harga,” ungkap Christy Davis, Co-Founder Subdial, seperti dikutip dari Bloomberg News.

(spt)

No more pages