Logo Bloomberg Technoz

Mantan Pejabat The Fed Sebut Bunga Acuan Bisa Turun Maret

Redaksi
24 January 2024 08:50

Jerome Powell, Chairman US Federal Reserve (Bloomberg)
Jerome Powell, Chairman US Federal Reserve (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mantan pejabat Federal Reserve memperkirakan bank sentral Amerika Serikat (AS) itu akan memulai langkah penurunan bunga sebelum inflasi di negeri itu menyentuh 2%, di mana hal itu bisa dilakukan secepatnya pada Maret nanti.

James Bullard, yang dulu pernah menjabat sebagai Gubernur The Fed St. Louis, negara bagian Misouri, dalam wawancara eksklusif dengan Wall Street Journal, memperkirakan, inflasi inti di negara dengan ukuran ekonomi terbesar di dunia itu akan semakin melambat di kisaran 2% sebelum Oktober nanti.

Sementara inflasi Personal Consumption Expenditure (PCE) sudah menyentuh level 2,6% pada November lalu di mana angka terbaru nanti akan dirilis Jumat pekan ini.

Ketika inflasi inti menyentuh 2%, diperkirakan pada kuartal III-2024 nanti, menurut Bullard, akan memunculkan kesulitan bagi Thefed. "Mereka tidak ingin memasuki semester II-2024 dan inflasi sudah mencapai 2% dan Anda masih belum mengubah kebijakannya, bukan? Itu sudah terlambat," kata Bullard, dikutip hari Rabu (24/1/2024). 

Namun, berdasarkan risalah rapat yang dilansir bulan lalu, pejabat The Fed memperkirakan laju inflasi belum akan melambat jadi 2% hingga 2025 nanti.