Logo Bloomberg Technoz

Meskipun tidak segera jelas berapa banyak pialang China yang membatasi short selling, langkah ini menandakan keinginan China untuk menempatkan dasar di bawah pasar, setelah upaya sebelumnya termasuk pembelian saham bank oleh negara gagal mengangkat sentimen.

Dalam tanda lain dari upaya resmi untuk mendongkrak harga-harga saham, aktivitas perdagangan di beberapa reksa dana utama yang diperdagangkan di bursa melonjak pada Kamis--menunjukkan potensi pembelian oleh institusi-institusi negara.

Beijing memiliki sejarah membatasi short selling pada saat volatilitas pasar, dengan tujuan untuk mencegah penurunan saham. Baru-baru ini pada Oktober, regulator memperketat peraturan mengenai short selling untuk menghentikan penurunan.

Strategi ini tidak selalu berhasil. Pada siklus saham terakhir di tahun 2015, China membatasi short-selling untuk memaksa para pedagang harian, yang menjual dan membeli saham pada hari yang sama karena dianggap memicu "fluktuasi yang tidak normal". Pasar terus merosot selama beberapa bulan berikutnya.

Langkah-langkah di Oktober, dan perintah selanjutnya di November bagi para pialang untuk membatasi ukuran bisnis peminjaman sekuritas mereka, juga gagal menahan penurunan saham. Nilai saham yang dijual pendek telah turun 61% dari puncak tahun 2021 menjadi 67 miliar yuan ($9,3 miliar) pada Rabu, terendah sejak Agustus 2020, sebelum sedikit meningkat pada Kamis.

Indeks Komposit Shanghai pada Kamis merosot di bawah level psikologis 2.800 ke level terendah sejak April 2020, sebelum pulih kembali pada penutupan. Hal ini kontras dengan reli di saham Jepang, yang telah melihat pembelian ETF yang hiruk pikuk oleh investor China. Kesenjangan kapitalisasi pasar antara China dan Jepang telah menyempit ke level terendah sejak Juli 2020.

(bbn)

No more pages