Logo Bloomberg Technoz

Pemilik SAP Sulap Tim Tarkam Jerman Jadi Kontestan Liga Champions

Hidayat Setiaji
16 January 2024 06:10

Ilustrasi SAP SE. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi SAP SE. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - SAP, perusahaan Jerman yang bergerak di bidang perangkat lunak (software), didakwa oleh Komisi Pengawas Pasar Modal Amerika Serikat (SEC) memberikan suap untuk melancarkan proyek-proyeknya, termasuk di Indonesia. Kasus ini menyeret Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Di luar teknologi, SAP ternyata punya jejak yang menarik di bidang lain. Dietmar Hopp, sang pendiri yang juga pemilik saham SAP, mengangkat TSG 1899 Hoffenheim dari tim kelas antar kampung (tarkam) menjadi salah satu klub penghuni divisi teratas liga sepakbola Jerman, Bundesliga.

Hopp memang orang asli Hoffenheim, sebuah desa kecil di Baden-Wurttemberg yang kini berpenduduk sekitar 3.000 orang. Lahir pada 1940, Hopp mengaku pernah bermain untuk Hoffenheim pada masa remajanya. Namun karier sepakbola Hopp mandek dan dia memutuskan untuk berkuliah di Karlsruhe pada 1966.

Selepas lulus kuliah, Hopp sempat bekerja di perusahaan mentereng, IBM. Pada 1972, bersama dengan 4 orang koleganya di IBM, Hopp mendirikan SAP.

Kini Hopp memiliki 5,09% saham SAP. Nilainya ditaksir US$ 6,45 miliar.