Logo Bloomberg Technoz

Mengenal Apa Itu SAP, Perusahaan Jerman yang Suap Bakti dan KKP

Redaksi
15 January 2024 09:45

Ilustrasi SAP SE. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi SAP SE. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - SAP SE merupakan perusahaan produsen perangkat software yang diketahui tersangkut kasus suap, hasil investigasi Departemen Kehakiman Amerika Serikat (DOJ) dan Komisi Sekuritas dan Bursa Efek (SEC), dan melibatkan dua kementerian di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

SAP merupakan penyedia layanan software dengan keunggulan pengelolaan dan perencanaan sumber daya perusahaan, dengan raihan bisnis yang terbesar untuk pasar non Amerika Serikat (AS). Perusahaan menjadi yang terbesar ketiga untuk industri sejenis dalam skala dunia.

SAP yang tercatat sebagai perusahaan yang tercatat di bursa Frankfurt, Jerman dan Wall Street, AS, berdiri pada tahun 1072. Penamaan SAP awal diambil dari Systemanalyse und Programmentwicklung, yang kemudian berganti nama menjadi Systeme, Anwendungen und Produkte in der Datenverarbeitung pada tahun 1981.

Nama SAP AG diumumkan pada tahun 2014 dan kemudian terakhir menjadi SAP Societas Europea (SE). Cakupan bisnis SAP SE diketahui menyebar di 180 negara dengan jumlah pengguna mencapai lebih dari 400.000.

SAP juga aktif berinvestasi pada bidang teknologi kecerdasan buatan (AI) dan pada akhir tahun lalu perusahaan berinvestasi padai Aleph Alpha GmbH, sebuah startup yang mirip dengan OpenAI.