Logo Bloomberg Technoz

Laporan ketenagakerjaan pada awalnya meredakan pertaruhan mengenai penurunan suku bunga The Fed yang lebih cepat dan lebih dalam. Namun pelaku pasar swap akhirnya mereformasi perkiraan pelonggaran sebesar 140 basis poin tahun ini, dengan sekitar dua pertiga kemungkinan penurunan pada Maret. Beberapa pihak di Wall Street tetap yakin pada kemampuan bank sentral untuk mendinginkan perekonomian sambil menghindari penurunan suku bunga.

Namun, banyak yang skeptis terhadap prospek penurunan suku bunga yang lebih dalam setelah laporan payrolls dirilis – dan mencatat bahwa ada hal yang tidak diinginkan dalam rinciannya. Data tersebut tidak banyak mengubah pandangan para ekonom di Goldman Sachs Group Inc. dan JPMorgan ketika bank-bank tersebut mengulangi perkiraan mereka mengenai penurunan suku bunga.

“Angka ini mempertanyakan kepercayaan pasar terhadap pemotongan pada bulan Maret,” kata Lindsay Rosner, manajer portofolio di Goldman Sachs Asset Management. “Kami memiliki tiga angka inflasi antara sekarang dan pertemuan bulan Maret. Setiap angka berarti.”

Laporan Data Inflasi

Data inflasi AS pada Kamis diperkirakan akan menunjukkan penurunan lebih lanjut menjadi 3,8% (year-on-year/YoY) pada Desember dari 4% di bulan sebelumnya, menurut survei Bloomberg. Laporan di China dan Tokyo – yang merupakan barometer bagi Jepang secara lebih luas – juga akan dirilis, karena para investor mengharapkan Bank Sentral China untuk melakukan pelonggaran kebijakan, di tengah perdebatan sengit mengenai kapan Bank of Japan akan mulai keluar dari kondisi ekstremnya.

“Tingkat utama dan suku bunga inti Tokyo terlihat terus mengalami pelonggaran dan hal ini akan menggarisbawahi kurangnya tekanan pada BOJ, terutama setelah gempa baru-baru ini, untuk mengubah kebijakan,” kata Marc Chandler, kepala strategi pasar di Bannockburn Global.

:Meskipun China diperkirakan akan melaporkan lebih sedikit disinflasi, perekonomian memerlukan lebih banyak dukungan dan pemotongan fasilitas Pinjaman Jangka Menengah satu tahun pada akhir bulan ini tampaknya semakin mungkin terjadi,” lanjut March Chandler.

Di tempat lain, saham Boeing Co. akan menjadi fokus ketika Wall Street dibuka karena larangan terbang terhadap pesawat 737 Max 9 semakin meningkat secara global setelah bagian badan pesawat pada jet Alaska Airlines baru meledak selama penerbangan.

Dari sisi komoditas, minyak stabil setelah naik pada hari Jumat, memperkuat kenaikan mingguannya, seiring meningkatnya ketegangan di Timur Tengah dan Afrika Utara menutupi tanda-tanda melemahnya permintaan AS.

(bbn)

No more pages