Logo Bloomberg Technoz

Puan Desak Penyebab Tabrakan KA Turangga Segera Diungkap

Wike Dita Herlinda
06 January 2024 13:45

Ketua DPR Puan Maharani. (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Ketua DPR Puan Maharani. (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Ketua DPR Puan Maharani mendesak agar penyebab tabrakan maut KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya dapat segera diungkapkan. Dia pun menyampaikan belasungkawa terhadap keluarga korban kecelakaan tersebut.

“Duka cita mendalam saya ucapkan atas tragedi kecelakaan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya. Semoga korban meninggal dunia mendapat tempat terindah di sisi Tuhan, dan korban luka dapat segera diberi kesembuhan,” kata Puan melalui pernyataan resmi Parlemen, dilansir Sabtu (6/1/2024). 

Dia pun meminta KAI memfasilitasi seluruh kebutuhan korban dengan baik, termasuk calon penumpang yang terdampak dari insiden tabrakan kereta api pada Jumat (5/1/2024) tersebut.

Di sisi lain, Puan mengingatkan Kementerian Perhubungan untuk terus melakukan pemantauan dan memastikan keamanan sistem pengelolaan di seluruh moda transportasi.

“Pastikan seluruh protokol dijalankan sesuai standar untuk meminimalisasi human error yang dapat merugikan masyarakat sebagai pengguna jasa transportasi. Pemerintah harus menjamin keselamatan warga yang melakukan mobilitas,”tegasnya.

Kecelakaan KA Turangga dengan Commuterline Bandung Raya di km 181+700, Cicalengka, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024). (Dok. Basarnas Jawa Barat)