Logo Bloomberg Technoz

Jaga Daya Beli, Pemerintah Berikan Bansos Beras, Ayam dan Telur

Rezha Hadyan
05 March 2023 22:09

Pembeli di pasar menghitung uang rupiah (Bloomberg)
Pembeli di pasar menghitung uang rupiah (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah menyiapkan sejumlah langkah anisipatif untuk mengendalikan inflasi agar daya beli masyarakat tetap terjaga di tengah peningkatan harga pangan memasuki bulan Ramadan dan Idulfitri 2023, termasuk pemberian bantuan sosial (bansos) kepada kelompok masyarakat miskin atau kurang mampu.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pemerintah akan melakukan pemantauan harga kebutuhan bahan pokok seperti beras, minyak goreng, cabai, bawang, daging, telur ayam ras, dan daging sapi.

Selain itu, telah diputuskan akan ada bantuan pangan selama tiga bulan kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang mengikuti Program Keluarga Harapan.

"Pemerintah kemarin telah memutuskan bahwa Pemerintah akan memberikan bantuan beras selama tiga bulan. Demikian pula untuk bantuan telur dan ayam, ini sedang diatur regulasinya. Akan diberikan untuk tiga bulan terutama kepada desil yang mendapatkan PKH dan bantuan pangan non tunai," katanya dalam acara  Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) 2023, Minggu (5/3/2023). 

Airlangga mengungkapkan bahwa pemerintah juga telah mengalokasikan Rp 104,2 triliun untuk ketahanan pangan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023. Dana tersebut bakal digunakan untuk memperkuat sektor pertanian dan meningkatkan cadangan pangan.