Logo Bloomberg Technoz

Luhut Sebut RI Temukan Cadangan Litium Dalam Jumlah Besar

Mis Fransiska Dewi
22 December 2023 13:31

Luhut Binsar Pandjaitan usai pemulihan di Singapura (Sumber: Tangkapan layar Instagram @luhut.pandjaitan)
Luhut Binsar Pandjaitan usai pemulihan di Singapura (Sumber: Tangkapan layar Instagram @luhut.pandjaitan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pemerintah berhasil menemukan sumber daya mineral litium. Bahkan, Luhut menyatakan temuan litium itu cukup besar.

"Saya baru dapat laporan kemarin ditemukan sumber litium yang besar sekali di Indonesia. Bingung juga lihatnya, kita punya semua akhirnya. Pemerintah berikutnya punya banyak sekali pekerjaan rumah," kata Luhut dalam media briefing secara daring, Jumat (22/12/2023).

Luhut belum bisa menjelaskan lebih lanjut di mana lokasi temuan litium tersebut. Yang terang, ini menjadi harapan karena sebelumnya Indonesia membutuhkan litium sebagai bahan baku pembuatan baterai untuk kendaraan listrik atau Electric Vehicle(EV).

Luhut menceritakan, Indonesia sebelumnya sempat mencari kerjasama hingga Australia untuk memenuhi kebutuhan litium dalam negeri. "Kita mau cari dari Australia, sekarang kita punya litium dan sumbernya besar sekali," tutur Luhut.

Rencana itu juga sudah dalam konsep, dengan memadukan cadangan yang dimiliki masing-masing negara, yakni nikel dari Indonesia dan Litium dari Australia.