Logo Bloomberg Technoz

Meskipun demikian, Andy mengatakan waktu pembelian saham tergantung tujuan dan preferensi investor masing-masing. Bagi investor yang ingin melakukan investasi jangka panjang maka keuntungan akan berasal dari dividen.  

“Untuk dapat dividen, investor harus beli sekian banyak saham untuk di-hold selama satu tahun. Ini untuk jangka panjang dan investor bisa mencicil dari sekarang dengan cara dollar cost averaging (DCA),” ungkapnya. 

Sementara Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dalam situs resmin sikapiuangmu.ojk.co.id mendefinisikan DCA sebagai cara berinvestasi setiap bulan ataupun setiap minggu dengan jumlah uang yang sama. Strategi ini bertujuan  membangun kebiasaan berinvestasi secara konsisten dan mengurangi risiko kebiasaan konsumtif ketika memiliki dana menganggur. 

“Kalau untuk trading, cari yang valuasinya di bawah harga pasar atau di bawah harga semestinya. Seharusnya itu waktu yang tepat membeli untuk saham,” lanjutnya. 

Andy mengungkapkan, para investor dengan tujuan trading harus cermat dalam menentukan target capaian profit. Saat membeli saham, mereka perlu melihat kualitas manajemen dan rasio utang emiten tersebut. Selain itu para investor juga harus disiplin dalam melakukan cut loss jika harga saham sedang turun.  

Lebih lanjut, Andy yang merupakan perencana keuangan dari Advisors Alliance Group ini mengimbau para investor baru untuk tidak menggunakan semua dana investasinya di pasar modal. 

“Misalnya, masukkan 30% dulu kemudian lihat pergerakannya. Kalau memang sudah lebih siap menghadapi volatilitas harga, kemudian tambah lagi jadi 50% dari dana yang dimiliki. Setelah beberapa lama, baru masukan seluruh dana. Jangan langsung masukan semua 100%, pelan-pelan dan cek ombak dulu,” katanya. 

Pastikan juga uang yang digunakan untuk berinvestasi saham sebaiknya merupakan cold cash yakni uang yang memang tersedia bisa digunakan sewaktu-waktu dan bukan untuk kebutuhan rutin.

“Uang yang kalau seandainya tidak ada atau hilang tidak akan membuat tidak bisa makan, tidak bisa bayar uang sekolah dan kewajiban-kewajiban lainnya. Pastikan bahwa itu adalah uang yang memang bisa diparkir selama beberapa waktu ke depan,” jelas Andy.  

(tar/ezr)

No more pages