Logo Bloomberg Technoz

BI dan Bank of Korsel Sepakat Transaksi Tanpa Acuan Dolar AS 2024

Redaksi
11 December 2023 10:40

Bank of Korea (Woohae Cho/Bloomberg)
Bank of Korea (Woohae Cho/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) dan Bank of Korea (BOK) sepakat untuk mendorong penggunaan mata uang lokal dalam transaksi keuangan dan ekonomi (Local Currency Transaction/LCT) dengan target implementasi pada 2024.

Sampai saat ini, transaksi di sebagian besar negara masih menggunakan nilai tukar mata uang masing-masing negara yang sumbernya mengacu pada dolar Amerika Serikat (AS). Dengan kesepakatan LCT, kedua negara tak lagi terpengaruh pada pergerakan dolar AS.

Sebagai langkah awal implementasi, BI dan BOK sepakat untuk menyusun kerangka kerja LCT dalam panduan operasional. Inisiatif ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama penggunaan mata uang lokal kedua bank sentral yang disepakati pada Mei 2023.

"Dalam  implementasinya, kerangka kerja LCT akan memfasilitasi penyelesaian transaksi pembayaran lintas negara di area perdagangan dan diharapkan dapat meminimalisasi eksposur risiko nilai tukar dan biaya bagi pelaku usaha dan pengguna lainnya," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (11/12/2023).

Perbankan di Indonesia dan Korea dapat melakukan kuotasi nilai tukar secara langsung, sehingga risiko nilai tukar dan biaya yang timbul dari transaksi tersebut dapat berkurang. Pada akhirnya, hal ini meningkatkan efisiensi yang diharapkan mampu mendorong transaksi perdagangan antara Indonesia dan Korea. Ini  sekaligus dapat memperdalam pasar keuangan dalam mata uang lokal di kedua negara.