Logo Bloomberg Technoz

OJK: 2 Multifinance Jadi Incaran Investor Asing

Rosmayanti
04 December 2023 14:46

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Agusman saat RDK Bulanan November 2023. (Youtube OJK)
Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Agusman saat RDK Bulanan November 2023. (Youtube OJK)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan dua perusahaan multifinance sedang dalam proses akuisisi oleh dua investor asing. 

"Tentang investor asing yang masuk ke multifinance Indonesia. Dapat kami sampaikan saat ini terdapat dua perusahaan pembiayaan yang sedang dalam proses pengambilanalihan oleh calon investor strategis dari Singapura dan Korea Selatan," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan (PVML) OJK, Agusman dalam konferensi pers, Senin (4/12/2023).

Namun, Agusman tidak menyebutkan nama multifinance yang akan diakuisisi oleh pihak asing tersebut.

Sebelumnya, PT Mandala Multifinance Tbk (MFIN) diakuisisi oleh MUFG Bank Ltd. dan PT Adira Dinamika Multifinance Tbk (ADMF) dengan nilai transaksi Rp7,04 triliun. Transaksi ini drencanakan selesai pada 2024 mendatang.

Selain itu, PT Buana Finance Tbk (BBLD) telah mengumumkan bahwa perseroan akan kedatangan investor baru. Proses akuisisi masih belum diumumkan secara rinci.