Logo Bloomberg Technoz

Skema Baru Tes Kesehatan Haji 2024, Nasib Lansia Dipertaruhkan

Dovana Hasiana
29 November 2023 16:50

Ilustrasi ibadah haji. (Photo by Shams Alam Ansari via pexels.com)
Ilustrasi ibadah haji. (Photo by Shams Alam Ansari via pexels.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) meminta kepastian bahwa skema baru tes kesehatan calon jemaah haji tidak menjadi penghalang para lansia untuk tetap bisa menunaikan haji pada 2024. 

AMPHURI mengkhawatikan skema tes kesehatan sebagai syarat pelunasan haji justru 'menyingkirkan' niatan lansia yang sudah berpuluh tahun berharap bisa pergi ke tanah suci.

"Jangan sampai ketentuan yang baru (mengenai tes kesehatan) justru menghalangi lansia yang sudah 20 tahun lebih mengantre haji," ujar Sekjen AMPHURI, Firman M Nur kepada Bloomberg Technoz, Rabu (29/11/2023).

Terlebih, hingga saat ini pemerintah belum merilis daftar nama haji yang dimasukkan dalam Siskohat (Sistem informasi komputerisasi haji terpadu) sebagai dasarpemberangkatan haji. Petunjuk teknis mengenai tes kesehatan dengan skema baru tersebut, kata Firman, hingga saat ini juga belum diterbitkan.

"Bagaimana prosedur tes kesehatannya? sebab kita juga dikebut waktu karena pendataan haji harus bisa selesai pada 25 Februari, lebih cepat dibandingkan tahun lalu," ujar Firman.