Logo Bloomberg Technoz

Rangkaian Tes Kesehatan yang Bakal Dilalui Calon Jemaah Haji 2024

Septiana Ledysia
28 November 2023 14:30

Ilustrasi Haji (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Haji (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon jemaah haji harus melalui tahap tes kesehatan untuk bisa menunaikan ibadah haji. Berikut tahapan tes kesehatannya.

Tahapan tes kesehatan tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 Tahun 2016 tentang istitha’ah kesehatan jemaah haji. Melalui aturan tersebut, sedikitnya terdapat tiga tahapan yang harus dilalui para calon jemaah.

Pemeriksaan kesehatan tahap pertama dilaksanakan oleh Penyelenggara Kesehatan Haji Kabupaten/kota di Puskesmas atau rumah sakit pada saat jemaah haji melakukan pendaftaran untuk mendapatkan nomor porsi.

Nantinya dari pemeriksaan tahap pertama akan ditetapkan status kesehatan jemaah haji risiko tinggi atau tidak risiko tinggi. Calon jemaah berisiko tinggi itu adalah berusia 60 tahun atau lebih dan memiliki faktor risiko kesehatan dan gangguan kesehatan yang potensial menyebabkan keterbatasan dalam melaksanakan ibadah haji.

Lalu setelah itu masuk tahapan kedua untuk ditetapkan istitha’ah kesehatan jemaah haji. Syarat yang memenuhi istitha’ah kesehatan haji adalah jemaah yang memiliki kemampuan mengikuti proses ibadah haji tanpa bantuan obat, alat dan atau orang lain dengan tingkat kebugaran jasmani.