Logo Bloomberg Technoz

Pendiri perusahaan Sam Bankman-Fried dihukum karena melakukan penipuan dan konspirasi awal bulan ini.

Penambahan ini memperluas gugatan class action, yang telah mencakup lebih dari dua lusin selebritas yang mendukung FTX dalam iklan TV dan acara lainnya. Mereka termasuk nama-nama besar, seperti mantan pemain NFL yang memenangkan Super Bowl, Tom Brady, Pemain Paling Berharga Liga Amerika saat ini, Shohei Ohtani, dan pebasket NBA, Steph Curry.

Perwakilan dari kedua liga, bersama dengan unit balap Mercedes yang berbasis di Stuttgart-Jerman, tidak segera komentar pada Senin (27/11/2023) tentang gugatan tersebut.

Gugatan tersebut menuduh para selebritas pendukung  dan perusahaan yang menyediakan layanan keuangan dan hukum untuk FTX, menutup mata terhadap tanda-tanda bahaya tentang bisnis ini. Mereka juga berusaha untuk menguangkan antusiasme publik terhadap mata uang alternatif.

"MLB dan banyak lainnya dengan cepat terjun ke dunia kripto dengan kedua kaki mereka ketika mereka melihat potensi uang cepat," kata pengacara investor dalam salah satu tuntutan. Para investor mengajukan tiga keluhan terpisah pada hari Senin, yang digabungkan ke dalam kasus class action.

Para pendukung selebritas berargumen dalam pengajuan pengadilan bahwa klaim investor tidak ada gunanya karena iklan dan sponsor tidak secara khusus mendorong siapa pun untuk menyetor uang ke akun FTX.

Penyalahgunaan dan Salah Kelola

Para pendukung juga berpendapat bahwa mereka tidak berperan dalam kerugian yang berasal dari "penyelewengan dan salah dalam mengelola FTX" atas dana investor. Jaksa menuduh Bankman-Fried mengalihkan uang nasabah ke Alameda Research, sebuah hedge fund yang berafiliasi dengan FTX, untuk investasi berisiko dan donasi politik.

Pejabat MLB, yang menandatangani kesepakatan promosi lima tahun dengan FTX pada tahun 2021, membatalkannya pada tahun berikutnya, setelah situs mata uang kripto itu runtuh.

Formula 1 (F1). Sumber: Bloomberg

FTX mengajukan perlindungan Chapter 11 di Delaware. FTX juga diawasi oleh wali amanat yang berusaha mendapatkan kembali uang untuk para korban penipuan.

Tim Formula 1 Mercedes ikut  membatalkan kesepakatan promosinya dengan FTX pada tahun 2022, dengan menghapus logo bursa dari mobil-mobilnya. Mercedes telah menandatangani kesepakatan sponsorship FTX pada September 2021, dimana saat itu Mercedes menjadi juara.

(bbn)

No more pages