Logo Bloomberg Technoz

Survei: Perbankan Masih Optimistis di Tengah Volatilitas Global

Dinda Decembria
26 November 2023 13:30

Ilustrasi Bank BRI, BCA dan Bank Mandiri
Ilustrasi Bank BRI, BCA dan Bank Mandiri

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan, Dian Ediana Rae menyebut sektor perbankan tetap optimistis di tengah volatilitas kondisi global dan dinamika kondisi makroekonomi domestik.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan Survei Orientasi Bisnis Perbankan OJK (SBPO) triwulanan IV 2023. Terdapat sejumlah responden sebanyak 95 bank dengan aset mencakup 98,47 persen dari total aset 105 bank umum. 

"Hasil BPO menunjukkan responden optimistis kinerja perbankan terjaga pada triwulanan IV 2023. Indeks Orientasi Bisnis Perbankan (IBP) pada triwulanan 2023 terbatas sebesar 62 (zona optimis)," ujar Dian dalam keterangannya, Minggu (26/11/2023).

Risiko kredit, likuiditas, dan pasar pada triwulan IV-2023 masih terjaga dan terkendali seiring fleksibilitas ruang penyesuaian suku bunga yang masih cukup besar bagi perbankan karena ditopang likuiditas yang cukup serta didukung koordinasi kebijakan terintegrasi dalam KSSK yang selama ini cukup efektif dalam menangkal dampak global.
  
Hal tersebut terlihat dari Indeks Persepsi Risiko (IPR) sebesar 58 (zona keyakinan bahwa risiko cukup manageble), seiring dengan keyakinan bahwa risiko kredit dan risiko pasar yang tetap terjaga. Responden meyakini bahwa kualitas kredit tetap baik, PDN pada level rendah dan berada pada posisi long, dan rentabilitas masih akan meningkat seiring dengan kenaikan penyaluran kredit.  

"Per September 2023, kinerja intermediasi perbankan tetap terjaga dengan pertumbuhan 8,96% tahunan (year-on-year) dan DPK yang tumbuh 6,54% (year-on-year)," ujarnya.