Logo Bloomberg Technoz

Menyesal Beli Unitlink, Lebih Baik Lanjut atau Tutup?

Ruisa Khoiriyah
22 February 2023 16:12

Asuransi kesehatan (Pexels)
Asuransi kesehatan (Pexels)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Banyak kasus asuransi termasuk kisruh asuransi jiwa unitlink sedikit banyak mempengaruhi minat masyarakat untuk memiliki asuransi. Sampai kuartal III-2022, industri asuransi dalam negeri mencatat penurunan pertumbuhan premi hingga 3,8% menjadi sebesar Rp 143,75 triliun. 

Penurunan pendapatan premi perusahaan asuransi itu kebanyakan dipicu oleh anjloknya premi baru yang turun hingga 4,8% menjadi sebesar Rp 89,67 triliun disusul penurunan pertumbuhan premi lanjutan sebanyak 2% menjadi Rp 54,07 triliun.

Kisruh unitlink dan pecahnya mega skandal asuransi seperti Jiwasraya memicu semakin banyak keluhan masyarakat yang mendapat pengalaman buruk dengan asuransi. Istana pun sampai bersuara. 

Presiden Joko Widodo dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2023 yang digelar awal Februari lalu mengungkapkan, ada banyak aduan masyarakat yang sampai padanya terkait asuransi unitlink.

"Rakyat itu hanya minta satu sebetulnya, uang saya balik. Karena saya waktu ke Tanah Abang ada yang nangis-nangis, ceritanya juga kena itu. Waktu di Imlek juga sama, nangis-nangis itu juga. Di Surabaya, nangis-nangis itu juga,” cerita Jokowi, seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, 6 Februari 2023.