Logo Bloomberg Technoz

Home Credit Jadi Rebutan, Nilai Kesepakatan Bisa Capai Rp10 T

News
07 November 2023 07:55

Ilustrasi Vietnam. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Vietnam. (Sumber: Bloomberg)

Manuel Baigorri, Vinicy Chan dan Elffie Chew - Bloomberg News

Bloomberg, Bank-bank terbesar di Thailand, Kasikornbank Pcl dan SCB X Pcl, termasuk dalam daftar penawar akhir untuk bisnis pemberi pinjaman konsumen Home Credit di Vietnam.

Menurut sumber yang tak ingin disebutkan namanya, KB Kookmin Bank, anak perusahaan KB Financial Group Inc dari Korea Selatan, juga melanjutkan ke tahap berikutnya. Kesepakatan ini bisa mencapai senilai US$700 juta atau setara Rp10,9 triliun.

Home Credit berharap menemukan pembeli untuk bisnisnya di Vietnam sebelum akhir tahun ini, kata sumber tersebut. Pertimbangan masih berlangsung, dan para pembeli dapat memutuskan untuk tidak melanjutkan tawaran. Sementara Home Credit juga dapat mempertahankan aset tersebut lebih lama.

Potensi divestasi di Vietnam adalah bagian dari upaya Home Credit untuk menyederhanakan operasinya karena pemiliknya, PPF Group NV yang dikendalikan oleh keluarga mendiang miliarder Ceko, Petr Kellner, sedang menggeser fokus investasinya kembali ke Eropa. Perusahaan ini telah meninjau bisnisnya di Asia setelah membatalkan IPO senilai US$1.5 miliar di Hong Kong pada tahun 2019.