Logo Bloomberg Technoz

Sulitnya Kanada Hindari Resesi apalagi Suku Bunga Tinggi

News
24 October 2023 05:16

Peumpang pesawat beraktivitas saat asap kebakaran Kanada menyelimuti Bandara LaGuardia (LGA), New York, AS, Kamis (8/6/2023) (Michael Nagle/Bloomberg)
Peumpang pesawat beraktivitas saat asap kebakaran Kanada menyelimuti Bandara LaGuardia (LGA), New York, AS, Kamis (8/6/2023) (Michael Nagle/Bloomberg)

Geoffrey Morgan dan Sarina Yoo Bloomberg News

Bloomberg, Kanada diprediksi mungkin bisa menghindari resesi walaupun dengan selisih amat tipis. Tetapi menurut para ekonom, kenaikan suku bunga negara itu, mau tak mau akan menyebabkan pertumbuhan ekonomi mendekati nol. Artinya Kanada memang harus kesulitan agar tak menyentuh resesi,

Sementara angka produk domestik bruto (PDB) juga diprediksi landai pada kuartal ini dan tumbuh pada laju tahunan hanya sebesar 0,3% pada kuartal pertama tahun depan. Hal ini tergambar dalam median survei ekonom Bloomberg. Angka tersebut merupakan gambaran penurunan dari survei bulan sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi dianggap akan di bawah pertumbuhan populasi negara itu.

Prospek yang lebih suram lagi muncul menjelang keputusan suku bunga Bank of Canada pada hari Rabu besok. Hal itu terjadi karena tampaknya Gubernur Tiff Macklem dan Dewan Gubernur Bank tersebut diperkirakan akan mempertahankan suku bunga 5%.

Suku Bunga. (Sumber Bloomberg)

Namun para ekonom masih memperkirakan bank sentral akan mulai menurunkan suku bunga pada kuartal kedua tahun depan. Sayangnya diperkirakan bahwa penurunan suku bunga akan terjadi dengan cepat. Prediksi median suku bunga Bank of Canada overnight sebesar 4% pada akhir tahun depan sementara ekspektasi sebelumnya sebesar 3,75%.