Logo Bloomberg Technoz

Deretan Figur Yang Akhirnya Gagal Jadi Cawapres di Pemilu 2024

Pramesti Regita Cindy
24 October 2023 04:15

Foto Kolase Ridwan Kamil, Erick Thohir dan Sandiaga Uno. (Eva Marie Uzcategui/Dimas Ardian/Bloomberg)
Foto Kolase Ridwan Kamil, Erick Thohir dan Sandiaga Uno. (Eva Marie Uzcategui/Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan maju di Pilpres 2024 sudah mendeklarasikan diri. Ada tiga pasang bakal calon yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo-Gibran Rakabuming. Dua pasang calon sudah mendaftar ke KPU, tinggal pasangan calon Prabowo-Gibran yang rencananya akan mendaftar ke KPU pada Rabu (25/10/2023).

Sebelum tiga pasangan calon dideklarasikan, nama-nama calon khususnya wakil presiden dinamis. Terdapat sejumlah nama yang kerap diuji elektabilitasnya oleh lembaga-lembaga survei. Namun perhitungan politik dan kesepakatan di balik layar para penggawa koalisi membuat nama-nama figur tersebut akhirnya tersingkirkan.

Usai pasangan calon terbentuk, penetapan cawapres menjadi perhatian lantaran sejumlah figur akhirnya batal mencoba peruntungan di pilpres yang calonnya diusung parpol atau gabungan parpol. 

Berikut ini nama-nama selama ini digadang jadi bakal cawapres dan kerap muncul dalam survei Pemilu 2024:

1. Agus Harimurti Yudhoyono

Anies Baswedan bersilaturahmi ke rumah Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dan Susilo Bambang Yudhoyono. (Instagram @aniesbaswedan)