Logo Bloomberg Technoz

Psikolog soal Riuh Gibran Cawapres: Pemimpin tak Lihat Usia

Mis Fransiska Dewi
17 October 2023 17:50

Ilustrasi pekerja Jepang. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pekerja Jepang. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dosen Psikologi Sosial dari Universitas Indonesia Dicky Pelupessy mengungkapkan bahwa tidak ada batasan usia untuk menjadi seorang pemimpin. 

Kepemimpinan atau kapabilitas seseorang untuk menjadi seorang pemimpin merupakan gabungan dari faktor internal yakni kepribadian atau karakter, kompetensi yang dihasilkan dari didikan formal seperti sekolah atau pelatihan kepemimpinan, manajemen, tempaan informal seperti pengalaman hidup, berorganisasi hingga kesempatan.

“Kita bisa lihat contoh dari berbagai bidang seperti politik, bisnis dan lainnya. Siapapun bisa menjadi pemimpin karena pemimpin bukan semata-mata fungsi dari usia,” kata Dicky saat dihubungi, Selasa (17/10/2023). 

Hal senada diungkapkan Irma Gustiana Psikolog dari Klinik Psikologi Ruang Tumbuh yang menyebut tidak ada aturan umur baku untuk menjadi pemimpin. Hal ini tergantung pada hukum dan peraturan di masing-masing negara atau organisasi. Kriteria dan persyaratan untuk menjadi pemimpin juga dapat bervariasi. 

“Pengalaman, pendidikan, dan kualifikasi sering kali menjadi pertimbangan penting,” imbuhnya.