Logo Bloomberg Technoz

Cerita WNI Terjebak Perang Saat Wisata Ibadah di Israel

Septiana Ledysia
17 October 2023 15:26

Mobil rusak akibat serangan roket Hamas di Ashkelon, Israel, Sabtu, (7/10/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)
Mobil rusak akibat serangan roket Hamas di Ashkelon, Israel, Sabtu, (7/10/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perang Israel dengan Hamas membuat beberapa WNI yang sedang melakukan wisata ibadah sempat terjebak di Yerusalem.

Cerita itu datang dari WNI bernama Louisa Susanto pemilik akun Instagram @makan_teman. Louisa berada di Israel pada Sabtu (7/10/2023) saat serangan pertama terjadi. Dia merasakan suasana mencekam saat itu.

“Aku, bersama rombongan total 231 orang termasuk Pendeta Henny Kristianus & Pendeta Yoanes Kristianus. Kita 21 hari di Mesir, Israel & Yordania,” kata Louisa kepada Bloomberg Technoz, Selasa (17/10/2023).

“Saat sirine kota Yerusalem dibunyikan, kita sedang mengunjungi Makam Daud. Bangunan di sana bagus dan kita sedang sibuk foto-foto. Lalu tiba-tiba ada bunyi sirine yang sangat kencang. Lalu tour guide kita yang merupakan orang Israel  panik langsung teriak “masuk masuk” . Awalnya kami pikir hanya ambulans mau lewat. Tapi tour guide semakin panik dan bilang “berlindung semuanya, masuk ke bangunan.” tambah Louisa.

Louisa di Yerusalem. (Sumber: Louisa @makan_teman)

Tak berselang lama setelah sirine, Louisa melanjutkan, terdengar suara dentuman di atas langit. Setelah itu, dia dan rombongan baru mengerti seberapa tegang situasi saat itu.