Logo Bloomberg Technoz

KPK Sita Uang Puluhan Miliar dari Rumah Dinas Mentan SYL

Yunia Rusmalina
29 September 2023 17:35

Juru bicara KPK, Ali Fikri di Gedung KPK (Bloomberg Technoz/Yunia Rusmalina)
Juru bicara KPK, Ali Fikri di Gedung KPK (Bloomberg Technoz/Yunia Rusmalina)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan, penyidik telah menyelesaikan proses penggeledahan di rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Widya Chandra, Jakarta Pusat, Jumat siang. Dalam penggeledahan tersebut, penyidik menyita sejumlah barang bukti, termasuk uang yang jumlahnya mencapai puluhan milyar.

"Betul, tim penyelidik membawa alat penghitung uang dalam proses penggeladahn tersebut untuk menghitung secara akurat sejumlah uang yang ditemukan," kata juru bicara KPK, Ali Fikri di Gedung KPK, Jumat (29/9/2023). "Sejumlah uang rupiah dan juga dalam bentuk mata uang asing."

Selain uang, penyidik juga menyita beberapa barang yang diduga akan menjadi bukti dalam proses pemeriksaan dan persidangan. Beberapa di antaranya adalah dokumen catatan keuangan, dokumen pembelian sejumlah aset, dokumen berkaitan dengan perkara, dan alat elektronik. 

Jumlah dan jenis barang bukti ini masih bisa bertambah karena penyidik tengah melanjutkan penggeledahan dan penyitaan di Kementerian Pertanian. Sejak tadi siang, kata Ali Fikri, sejumlah penyidik tengah memeriksa Kantor Menteri  dan Kantor Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian di Ragunan.

"Di Gedung A," kata Ali Fikri. "Akan dilakukan penyitaan, analisis, dan konfirmasi kepada pihak yang dipanggil menjadi saksi."