Logo Bloomberg Technoz

Partai Golkar Siapkan Ridwan Kamil jadi Calon Gubernur Jakarta

Fransisco Rosarians Enga Geken
12 September 2023 15:50

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamilsaat meresmikan revitalisasi Situ Gede, Bogor. (Dok. Humas Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamilsaat meresmikan revitalisasi Situ Gede, Bogor. (Dok. Humas Jabar)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Golkar membantah sejumlah informasi yang menyebut mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) akan menjadi bakal calon wakil presiden (Cawapres) pada Pemilu 2024. Hal ini termasuk menggugurkan rumor adanya pinangan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk mendampingi calon presiden Ganjar Pranowo.

"Kami juga sudah punya planning (rencana) buat RK. Kita waktu itu sudah memutuskan untuk mendorong RK menjadi calon gubernur, nanti tinggal pilih dua, antara di Jawa Barat lagi atau di DKI Jakarta," kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia seperti dikutip dari Website Golkar, Selasa (12/9/2023).

Menurut dia, Partai Golkar tak menyiapkan Ridwan Kamil sebagai bakal cawapres salah satu capres. Partai berlambang pohon beringin tersebut akan mendorong kang Emil jadi calon gubernur di Jawa Barat atau DKI Jakarta pada Pilkada Serentak, November 2024.

Isu ini berkembang usai Ridwan Kamil memenuhi undangan pertemuan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Pertemuan tersebut dikabarkan menjadi petunjuk upaya penyandingkan Ridwan Kamil dengan Ganjar Pranowo. PDIP sendiri memang butuh sosok yang bisa menopang perolehan suaranya di wilayah Jawa Barat. Kang Emil terbukti memiliki popularitas dan elektabilitas tinggi di provinsi dengan jumlah pemilih tertinggi tersebut.

Soal cawapres, kata Doli, Partai Golkar hanya mengajukan satu nama yaitu Ketua Umum Airlangga Hartarto. Hingga saat ini, menurut dia, nama Menteri Koordinator bidang Perekonomian tersebut berada di posisi pertama bakal cawapres di Koalisi Indonesia Maju yang mengusung capres Prabowo Subianto.