Logo Bloomberg Technoz

Kiprah Pontjo Sutowo, Penguasa Hotel Sultan yang Disita Negara

Pramesti Regita Cindy
09 September 2023 11:30

PEMBINA Yayasan Suluh Nuswantara Bhakti Pontjo Sutowo./dok. Suluh Nuswantara Bhakti
PEMBINA Yayasan Suluh Nuswantara Bhakti Pontjo Sutowo./dok. Suluh Nuswantara Bhakti

Bloomberg technoz, Jakarta – Polemik pemerintah dengan PT Indobuildco terkait dengan pengelolaan lahan Gelora Bung Karno (GBK) turut menyerempet nama Direktur Utama dari Hotel Sultan, Pontjo Sutowo.

Pontjo sendiri lahir di Palembang, Sumatra Selatan pada 17 Agustus 1950. Dia merupakan anak ke-4 dari tujuh bersaudara. Ayahnya Ibnu Sutowo merupakan seorang dokter tamatan Nederlandsch Indische Artsen School (NIAS) Surabaya di Martapura, sedangkan ibunya Zaleha binti Sjafe’ie merupakan seorang guru tamatan MULO Palembang.

Pontjo kecil sering kali berpindah-pindah sekolah seperti di Palembang mulai dari Taman Kanak-kanak hingga kelas 1 Sekolah Rakyat atau saat ini disebut Sekolah Dasar di Sekolah Katolik Santo Xaverius. 

Pontjo kemudian melanjutkan kelas 2 hingga 3 nya di Sekolah Dasar Santo Bellarminus Jakarta tahun 1956 dan Ketika masuk kelas 4, Pontjo pindah ke Perguruan Cikini, sampai kelas 1 SMA.

Bahkan,  hingga SMA pun Pontjo kerap kali berpindah sekolah hingga akhirnya dirinya tamat di SMA Katolik Pangudi Luhur tahun 1969. Untuk pendidikan tingginya Pontjo pernah berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) Jurusan Mesin tahun 1969 selama setahun, karena masalah kesehatan asma Pontjo memutuskan untuk berkuliah Di Universitas Trisakti Fakultas Teknik.