Logo Bloomberg Technoz

Kasus Pertama di Tangan MKMK, Skandal Pemalsuan Putusan Hakim

Ezra Sihite
10 February 2023 05:51

Gedung Mahkamah Konstitusi. (Dok. Mahkamah Konstitusi)
Gedung Mahkamah Konstitusi. (Dok. Mahkamah Konstitusi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) dilantik pada Kamis (9/2/2023) di gedung MK. Pada hari yang sama, MKMK langsung melakukan tugasnya. MKMK memanggil advokat yang melaporkan 9 hakim MK ke Polda Metro Jaya belum lama ini. Advokat Zico Leonard Djagardo Simanjuntak menemukan adanya perbedaan substansi dalam putusan MK antara yang dibacakan oleh hakim MK di ruang sidang dengan yang tertera di website lembaga tersebut.

Hal itu dia ungkap saat mendapatkan putusan atas gugatannya terhadap UU Mahkamah Konstitusi Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pemberhentian Hakim Mahkamah Konstitusi. Zico setelah diperiksa MKMK mengatakan bahwa dia ditanyakan kronologi saat menemukan perbedaan frase dalam salinan putusan itu. 

"Kejadian itu dibacakan 16.03 (WIB) dan saya menerima salinan 16.52 (WIB), pergantian manipulasi terjadi kurang dari 49 menit," kata Zico saat dihubungi Bloomberg Technoz pada Kamis petang (9/2/2023).

Hakim Konstitusi Anwar Usman (YouTube MK)

Oleh karena itu kata dia, MKMK selanjutnya akan memeriksa para hakim. Zico sendiri mengatakan dia mencurigai 2 oknum hakim yang terlibat. Hal itu didasarkan pada cepatnya penggantian diksi dalam putusan tersebut. Dua nama itu disampaikan Zico kepada MKMK atas dasar mereka orang-orang paling dekat dengan pegawai MK saat ini. 

"Jadi saya mencurigai dua hakim," imbuhnya.