Logo Bloomberg Technoz

Isu Karhutla, Jokowi Kembali Ancam Copot Kapolda dan Pangdam

Fransisco Rosarians Enga Geken
09 February 2023 09:16

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pertemuan Industri Jasa Keuangan, Jakarta, 6 Februari 2023. (Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pertemuan Industri Jasa Keuangan, Jakarta, 6 Februari 2023. (Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan para petinggi TNI dan Kepolisian tentang potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada musim kemarau mendatang. Dia mengklaim tetap meminta jajaran TNI-Polri di setiap wilayah atau provinsi bertanggung jawab mencegah terjadinya Karhutla.

“Janjiannya tetap, tadi saya ulang lagi mengenai janjian saya tujuh tahun yang lalu masih berlaku sampai sekarang. Kalau ada kebakaran besar di provinsi yang tanggung jawab Pangdam (Panglima Daerah Militer), Kapolda (Kepala Kepolisian Daerah), Danrem (Komandan Resort Militer),” kata Jokowi, Rabu (8/2/2023).

Hal ini disampaikan Jokowi dalam acara Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri 2023 di The Sultan Hotel seperti dilansir akun Youtube Sekretariat Kabinet. 

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sejumlah wilayah Indonesia memang akan mengalami peningkatan suhu tinggi pada masa kemarau tahun ini. Gelombang Panas El Nino diprediksi akan mulai berdampak pada perubahan suhu pada akhir Februari 2023.

"Saya sudah sampaikan beberapa wilayah yang berpotensi seperti Provinsi Riau, Sumatera Utara, dan Kalimantan," ujar Jokowi.