Logo Bloomberg Technoz

Special Research

Iming-iming Bunga Tinggi, DHE Agustus Cetak Rekor Tertinggi

Ruisa Khoiriyah
28 August 2023 11:05

Ilustrasi Dolar AS (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Dolar AS (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kebijakan mewajibkan para eksportir menempatkan 30% valas hasil transaksi ekspor di sistem domestik demi menopang suplai dolar AS di dalam negeri, mulai menunjukkan greget setelah regulasi berlaku efektif sejak 1 Agustus lalu.

Nilai dolar AS yang digiring masuk ke sistem perbankan nasional melalui lelang term deposit valas devisa hasil ekspor (TD Valas DHE) selama Agustus telah mencetak rekor tertinggi sejak gelar lelang dimulai awal Maret lalu.

Berdasarkan data yang dikompilasi oleh Bloomberg Technoz, memperlihatkan selama bulan ini hingga 24 Agustus lalu, nilai dolar AS para eksportir yang telah diserap melalui lelang TD Valas DHE oleh Bank Indonesia mencapai US$ 359,5 juta, sekitar Rp 5,5 triliun. Angka itu telah melampaui level tertinggi hasil lelang TD Valas DHE yang terjadi pada April lalu sebesar US$ 343 juta. 

Kebijakan repatriasi devisa hasil ekspor telah mendorong nilai penempatan valas di level rekor (Div. Riset Bloomberg Technoz)

Kenaikan nilai penyerapan valas dalam lelang DHE itu terutama karena kenaikan minat para eksportir di penempatan TD Valas tenor 3 bulan. 

Selama Agustus saja, nilai penempatan valas di TD Valas tenor 3 bulan mencapai US$ 309,25 juta. Itu setara 86% dari total nilai penyerapan dalam lelang selama periode 1-24 Agustus 2023.