Logo Bloomberg Technoz

Devisa Hasil Ekspor Baru Rp2,45 Triliun, Rupiah 'Terjun'

Ruisa Khoiriyah
14 August 2023 13:30

Dolar Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Dolar Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dua pekan pasca dimulainya pemberlakuan repatriasi devisa hasil ekspor, terlihat mulai ada kenaikan nilai penawaran masuk dalam lelang Term Deposit Valas DHE yang digelar oleh Bank Indonesia walau angkanya masih di kisaran moderat.

Berdasarkan data Bank Indonesia yang dikompilasi oleh Bloomberg Technoz, sejak penerapan kewajiban penempatan devisa hasil ekspor 1 Agustus sampai lelang terakhir digelar 10 Agustus lalu, total nilai penawaran masuk dalam lelang TD valas DHE yang digelar oleh Bank Indonesia, termasuk rollover, mencapai US$161,25 juta, sekitar Rp2,45 triliun. 

Lelang pada 8 dan 10 Agustus lalu mencatat minat cukup tinggi dengan nilai penawaran masuk di atas US$50 juta dengan tenor favorit adalah term deposit 1 bulan dan 3 bulan. Bank Indonesia menawarkan rate atau bunga mulai kisaran 5,39% untuk tenor 1 bulan hingga 5,44% untuk tenor 3 bulan.

Dalam gelar lelang TD valas DHE sejak awal Maret, Bank Indonesia hampir selalu menyerap semua penawaran yang masuk dari perbankan.

Dengan melihat animo dalam lima lelang valas DHE terakhir, ada harapan tren kenaikan akan terus berlanjut dalam lelang-lelang berikutnya meski nilai yang masuk sejauh ini masih di bawah rata-rata penawaran masuk dalam lelang sebelumnya.