Logo Bloomberg Technoz

Rusia Amankan Black Box dari Pesawat Jatuh Bos Wagner

News
27 August 2023 07:30

Putin dan Prigozhin (Sumber: AFP via Bloomberg)
Putin dan Prigozhin (Sumber: AFP via Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Otoritas investigasi Rusia telah mengamankan kotak hitam atau black box dari pesawat yang jatuh dan disebut menewaskan bos tentara bayaran Wagner Group, Yevgeny Prigozhin di wilayah Tverskaya.

Selain itu, benda-benda dan dokumen lain yang diperlukan untuk mengetahui penyebab kecelakaan pesawat juga diambil, demikian diumumkan oleh juru bicara Komite Investigasi Rusia, seperti dilaporkan oleh Tass.

"Kotak hitam dari pesawat telah disita oleh tim investigasi. Pemeriksaan detil lokasi kejadian masih berlanjut. Saat ini, benda-benda dan dokumen yang terkait untuk mengetahui semua keadaan di balik kecelakaan pesawat juga sedang diambil. Hal ini akan diikuti dengan penunjukan ahli forensik," kata juru bicara itu, dikutip dari media Rusia tersebut.

Kecelakaan pesawat ini menambah daftar kejadian kontroversial yang menyangkut Prigozhin, yang dulunya dikenal sebagai tangan kanan Presiden Rusia Vladimir Putin sebelum akhirnya ia memberontak pada Mei lalu.

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, sekutu terdekat Putin dan Prigozhin mengatakan tak percaya Putin adalah dalang dari kecelakaan tersebut, menyebut cara seperti ini "terlalu kasar dan tidak profesional."