Logo Bloomberg Technoz

Bunga Tinggi Sudah Terasa di Dapur Rumah Tangga: Cicilan Naik

Hidayat Setiaji
08 February 2023 12:30

Ilustrasi Supermarket (Sumber: Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Supermarket (Sumber: Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Keyakinan konsumen Indonesia secara umum makin membaik. Namun, jika diselisik lebih lanjut, masih ada sejumlah hal yang perlu menjadi perhatian para pengambil kebijakan.

Bank Indonesia (BI) melaporkan, Indeks Keyakinan Konsumen atau IKK pada Januari 2023 berada di level 123, naik dari bulan sebelumnya yang sebesar 119,9 sekaligus menjadi yang tertinggi sejak Agustus tahun lalu.

IKK menggunakan ambang batas 100 sebagai tolok ukur. Jika indeks berada di atas level 100, artinya konsumen percaya diri melihat perekonomian saat ini hingga enam bulan ke depan.

Sumber: BI

IKK dibagi menjadi dua subindeks besar yaitu Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). Pada Januari, keduanya berada di atas 100, yang merefleksikan optimisme.

Namun, subsektor yang perlu menjadi perhatian adalah IKE yang turun tipis secara bulanan dari 112,4 menjadi 112,1. Satu indikator yang menyebabkan koreksi IKE adalah Indeks Penghasilan Saat ini yang turun dari 120,3 menjadi 117,7.

Indeks Ekonomi Saat Ini (Sumber: BI)