Logo Bloomberg Technoz

Bappebti Wacanakan Bursa Kripto Dapat Insentif Pajak

Yunia Rusmalina
22 August 2023 13:05

Ilustrasi Kelanjutan Proses Hukum yang Rumit pada Aset Kripto (Bloomberg)
Ilustrasi Kelanjutan Proses Hukum yang Rumit pada Aset Kripto (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Didid Noordiatmoko menerangkan sedang melakukan kajian bersama dengan para pedagang aset kripto dan otoritas Bursa CFX mengenai pemberian insentif pajak agar industri baru ini lebih cepat berkembang.

“Perlu kajian lebih lanjut tentang insentif lainya, karena ini industri baru. Saya  sudah berbicara dengan para pelaku usaha mengenai pajak, posisi saya bukan orang pajak, dan saya percaya dengan orang pajak nantinya akan seperti apa kebijakanya,” ungkap Didid kepada Bloomberg Technoz, Selasa (22/08/2023).

Didid menambahkan tidak ada salahnya bila bursa kripto perlu insentif karena industri ini masih baru. Meski begitu, usulan ini masih terus dikaji dan bisa saja usulan tidak hanya sebatas pajak. Bisa insentif lainnya.

“Menurut saya, ini tidak salah ada insentif ke industri baru,  bukan hanya soal pajak saja, mungkin ada insentif lainnya, yang memang masih dalam kajian belum ditentukan,” papar Didid.

Ilustrasi koin digital kripto. (dok Bloomberg)

Dia menjelaskan pihaknya belum memutuskan secara final apakah berupa berupa insentif pajak. “Saya belum mengatakan insentif pajak, tapi kita akan lakukan kajian dengan bursa, dengan pelaku usaha ini kan sudah  lembaga, bursa, jadi enak kita melihatnya, jernih gitu melihatnya,” papar dia.