Logo Bloomberg Technoz

India Larang Ekspor Beras, Pemerintah Pastikan Stok Aman

Sultan Ibnu Affan
27 July 2023 18:25

Beras basmati dari India./dok. Bloomberg
Beras basmati dari India./dok. Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah mengklaim tak khawatir terhadap kebijakan  Pemerintah India yang menghentikan seluruh kegiatan ekspor komoditas beras, sejak 20 Juli 2023. Hal ini disampaikan meski Indonesia sendiri tercatat rutin mengimpor bahan pangan tersebut dari India.

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengatakan, pemerintah optimis stok beras dalam negeri cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Indonesia pun masih bisa melakukan impor dari sejumlah negara seperti Thailand dan Vietnam.

"Alhamdulillah [stok beras aman]. Kita jaga terus pokoknya," ujar Jerry Sambuaga di sela acara Sewindu PSN, Kamis (27/7/2023).

Menurut dia, Kementerian Perdagangan tengah menyusun rencana pemenuhan suplai beras dalam beberapa waktu ke depan. Suplai tersebut, kata dia, akan dipenuhi dengan prioritas pada kemandirian lokal atau hasil panen raya. 

Meski demikian, Jerry tak lugas menjawab apakah pemerintah optimis tak perlu lagi melakukan impor beras tahun ini. Menurut dia, pemerintah masih terus memantau dan melihat perkembangan; termasuk dampak kebijakan India tersebut.