Logo Bloomberg Technoz

Inflasi Nyaris 100%, Argentina Terbitkan Uang Pecahan Besar

News
03 February 2023 09:12

Inflasi mendekati 100%, Argentina merilis mata uang dengan denominasi lebih besar (Bloomberg)
Inflasi mendekati 100%, Argentina merilis mata uang dengan denominasi lebih besar (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank sentral Argentina akan mencetak uang kertas berdenominasi lebih besar menyusul situasi inflasi luar biasa tinggi yang menjerat negeri itu setahun belakangan. Masyarakat Argentina mengeluh bahwa akibat inflasi yang tidak juga melandai, mereka harus membawa tumpukan uang tunai lebih banyak untuk aktivitas transaksi sehari-hari.

Otoritas moneter Argentina mengumumkan pada Kamis waktu setempat rencana penerbitan mata uang peso Argentina dalam denominasi lebih besar yaitu 2.000 peso dalam bentuk uang kertas. Denominasi itu dua kali lipat lebih besar daripada uang peso Argentina saat ini. 

Inflasi Argentina (Sumber: Bloomberg)

Pejabat bank sentral negeri itu sekian lama enggan mencetak uang kertas berdenominasi lebih besar dengan berdalih bahwa pembayaran memakai platform digital akan lebih baik. Menurut otoritas moneter, berinvestasi dalam platform pembayaran digital menjadi pilihan lebih baik.

Namun, sikap itu akhirnya berubah terdesak kesulitan masyarakat. Keputusan menerbitkan uang pecahan lebih besar yang ditempuh juga mengisyaratkan bank sentral mulai ragu dengan ide platform digital.

Media lokal Argentina bahkan menyebut, bank sentral kemungkinan juga mempertimbangkan penerbitan mata uang pecahan 10.000 peso.