Logo Bloomberg Technoz

Aktor dan Pekerja Film Hollywood Mogok Massal

News
14 July 2023 14:20

Aktor Zach Cherry, tengah, dan anggota Writers Guild of America demo di New York, AS, Selasa (2/5/2023). (Alex Kent/Bloomberg)
Aktor Zach Cherry, tengah, dan anggota Writers Guild of America demo di New York, AS, Selasa (2/5/2023). (Alex Kent/Bloomberg)

Lucas Shaw dan Caelyn Pender - Bloomberg News

Bloomberg, Para penulis dan aktor Hollywood melakukan aksi mogok massal setelah pertemuan serikat aktor dengan perwakilan studio dan produser gagal mencapai kesepakatan.

Sebanyak 160.000 artis yang tergabung dalam Screen Actors Guild (SAG) melakukan pemogokan pada Kamis (13/7/2023) setelah gagal mencapai kesepakatan kerja baru dengan Alliance of Motion Picture & Television Producers, yang mewakili sejumlah studio termasuk Walt Disney Co. dan Netflix Inc. Pemogokan dimulai sejak tengah malam.

Pihak studio merilis pernyataan setelah pengumuman pemogokan. Mereka mengatakan serikat aktor "sangat disesalkan memilih jalan yang akan menyebabkan kesulitan keuangan bagi ribuan orang yang bergantung pada industri."

Lebih lanjut, pihak studio mengatakan telah menawarkan kenaikan gaji sebanyak dua digit persentase dan menawarkan uang pensiun dan tunjangan kesehatan. Studio juga mengatakan akan meningkatkan kompensasi atau uang yang diterima aktor dan staf setelah pertunjukan dan film diputar ulang.